Saturday, February 13, 2016

Masalah Siswa Kosong,Jumlah Siswa Kurang dan Masalah Lainnya Berakibat JJM Tidak Linier

Mencoba untuk menganalisa sesuai dengan pemikiran saya sendiri semoga saja benar,kalau penjelasan saya salah jangan dipakai masih banyak para ahli dapodik lainnya untuk anda bertanya.

Keterkaitan dari  3 gambar bisa saya jelaskan dibawah ini  
Gambar 1 (login operator) : pada menu inilah hasil dari sinkronisasi sehingga terlihat Data PTK,Siswa dan lain2nya,silahkan cek dulu datanya dan yakin sudah sesuai dengan isian di APP Dapodiknya,kalau ini sudah sesuai  diharap tenang ,tunggu pusat memproses karena butuh waktu beberapa hari untuk melihat hasilnya pada contoh Gambar 2 dan 3


Gambar 2 (cek progres pengiriman )   : ini data mengambil  dari hasil singkronisasi  yang sudah masuk di gambar 1 login operator

Gambar 3 (cek info GTK) : ini data juga mengambil  dari hasil singkronisasi  yang sudah masuk di gambar 1 login operator

Dari ketiga gambar dibawah ini kenapa tidak sesuai ?
1.Mungkin karena masih dalam proses perpindahan link dari dapo dikdas ke dapo dikdasmen sehingga data-data pada link masing-masing  pada login operatorcek progres dan cek info GTK belum berkesesuaian,ini hanya nunggu proses saja
2.Mungkin hasil sinkronisasi belum maksimal misal cuma 1 x atau beberapa kali sync,dan sync tidak pada saat jaringan stabil,akibatnya tidak tuntas hasil syncnya

Keterangan :
Login operator : masuk di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id  pake user dan pass
Cek progres     : masuk di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id tidak perlu masuk login
Cek inf GTK    : http://223.27.144.195:8081/index.php


TERLALU LAMA MENUNGGU  TIDAK JUGA BERUBAH DATANYA INI SOLUSI yang bisa saya sarankan:
*Ini menurut pendapat teman di FB ,coba dulu siswanya keluarkan dari rombel terus masukan lagi
*Menurut pendapat saya sendiri,bisa lakukan unistal dulu Aplikasinya dan instal kembali ,generate kembali prefillnya dan registrasi lagi kemudian lakukan sinkronisasi ,kalau seperti ini tidak juga berhasil,jalan terakhir ini yang paling ampuh mengatasi masalah tersebut adalah format kembali windowsnya atau gunakan laptop lain untuk Aplikasi Dapodiknya,barangkali laptop sebelumnya itu bermasalah

Hal utama dan wajib untuk melihat hasil sinkronisasi adalah pada laman ini
http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops

Setiap kali ada perubahan data  di App Dapodik dan di sync,bukannya otomatis berubah pada saat  itu juga,karena  data yang akan dilihat pada progres pengiriman dan cek info GTK,itu butuh proses beberapa hari sehingga datanya baru bisa berubah.

SARAN SAYA :
Isilah data siswa dan PTK selengkap mungkin,karena ini terkait semua warga sekolah dan kualitas data suatu sekolah,janganlah berasumsi data PTK yang bersertifikasi saja di istimewakan/didahulukan validnya (karena banyak juga saya dengar omong2 seperti itu),PTK yang tidak bersertifikasi lainnya pun perlu di istimewakan (mereka angkat bicara juga,saya ngajar juga seperti mereka yang bersertifikasi,apa bedanya sehingga data kami diabaikan)


(yang punya server dan sistem itukan pusat,semestinya TIM mereka yang menjelaskan dan tahu masalah ini, bukan di saya,BENAR KAN?)
HANYA BERBAGI PENGALAMAN

Romeltea Media
SEPUTAR BERITA PENDIDIKAN Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top